Dengan Kaligrafi Semangat Misi Islam

Kaligrafi dalam Islam mempunyai kedudukan yang istimewa diantara cabang-cabang seni Islam yang lain, dari kaligrafi akan terciptakan seni yang bisa berhubungan tentang bagaimana islam tersatukan. Kaligrafi tidak seperti jenis dari seni Islam yang lain seperti musik dan arsitektur seperti jenis lain dari seni kaligarfi islam ini didalam seni-seni tersebut terselimut beberapa hal yang banyak dipengaruhi oleh gaya-gaya lokal dan sejumah seniman non muslim. kaligrafi mulai mencapai puncak keindahan dan responnya saat bearada di tangan-tangan piawai seniman muslim sepenuhnya, tanpa campur tangan dari pihak lain. Tanpa agama Islam barangkali penulisan huruf Arab tidak akan berarti apa-apa hanya seperti tulisan arab biasa. Perhatian umat Islam terhadap tulisan yang berawal terhadap kalimat-kalimat suci Al-Qur’an. Wahyu Allah yang diturunkan melalui Nabi Muhammad adalah sebuah bahasa yang merupakan bahasa Tuhan kepada hamba-Nya. Perhubungan langsung antara tulisan dengan nilai-nilai dan moral keagamaan yang sakral yang membuat umat Islam selalu termotivasi untuk terus mengembangkannya agar banyak yang lebih dalam lagi dalam mengagumi ke Agungan Tuhan. Pandangan ini dipertegas lagi dengan pernyataan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa resmi sebagai bahasa pemersatu para umat Islam. Tulisan Arab menjadi bahasa yang mempunyai fungsi dan status, bukan sekedar sebagai alat pemersatu antar manusia, tetapi juga merupakan tulisan religius yang sakral yang bisa menghubungkan dengan Allah lewat kalimat Arab suci al Qur’an..

Ayat Kursi 117 x 64 x 4 cm

Ayat Kursi 117 x 64 x 4 cm

Kehadiran Islam dengan berbagai model yang dibawanya, telah membawa perubahan yang besar dan cepat pada perkembangan pengenalan tradisi Arab. Ketika orang-orang Arab tengah asyik masyuk dengan tradisi bodoh yang mereka banggakan, wahyu pertama (al-‘Alaq:1-5) yang berisi perintah Tuhan agar membaca, menelaah, menganalisis justru menghentakkan mereka dari tidur panjangnya seolah menjadi “Bumerang” yang menghempaskan idealisme bangsa Arab, sekaligus “proklamasi” kepastian budaya tulis-menulis dalam risalah yang dibawa Nabi Muhammad saw Wahyu pertama itu segera disusul dengan pengertian lain seperti ‘Tuhanmu yang mengajari manusia dengan pena’. Kemudian dalam surat al-Qalam (Pena) (Q.S: 68: 1) Allah berfirman ; ‘Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis’. Di samping itu, pengertian-pengertian simbolis pentingnya tulisan juga terdapat dalam banyak ayat, misalnya al-Qur’an yang tertulis dalam Lauhul Mahfudz (Q.S. 85:21-22), dua malaikat yang mencatat perbuatan manusia (Q.S. 82: 10, 50: 16), pemberian buku catatan semua perbuatan manusia pada hari akhir kelak (Q.S. 17:73, 10:62, 34:4 dan sebagainya), diumpamakan jika seluruh pohon di bumi dijadikan pena tidak akan cukup menulis kekuasaan Allah (Q.S.31: 27), dan perumpamaan air laut sebagai tinta yang tidak akan cukup untuk menuliskan kekuasaan Allah meskipun ditambah lagi dengan tujuh kali air laut yang ada di bumi (Q.S. 31:27, 18: 109). Semua ayat diatas merupakan penghargaan yang sangat tinggi terhadap pena, tinta, buku, dan tulisan. Dari sini sudah bisa dipahami bahwa kaligrafi atau tulis-menulis keindahan arab tetap mempunyai asal-usul yang langsung dari Allah lewat firman-firman-Nya. Dalam sejarah perkembangan kaligrafi mengisikan nilai-nilai yang dalam al-Qur’an ini menjadi ruh, spirit bagi para kaligrafer untuk terus mencipta dan berkarya. Sehingga penciptaan kaligrafi arab ini sangat beranfaat bagi umat untuk mngenal kembali islam yang sakral.

Asmaul Khusna 190 x 118 x 10 Jati

Asmaul Khusna 190 x 118 x 10 Jati

Misi islam memang menginginkan menjadi sebuah agama yang selalu sejalur menuju kedalam kehidupan yang lebih berarti lagi dari yang sudah. Kaligrafi ini menjadikan umat untuk membangun kekuatan dalam membela agama islam. Dan misi selanjutnya adalah terdapat pada generasi yang selalu berpegang teguh pada pedoman hidup yang di tinggalkan oelh Rosulullah ke umatnya yaitu Al Qur’an dan Al Hadist. Maka dari hasil misi yang dilihat kaligrafi dapat mengukuhkan misi islam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *